Minggu, 20 Maret 2016

SAKSI 2016

                                                                 Saksi 2016
             
          Pada hari Jum’at pagi tanggal 5 Februari pukul 6.00, siswa kelas 7 SMP Labschool sudah bersiap-siap menjalankan apel pemberangkatan sebelum menuju Dodiklatpur, Gunung Bunder yang merupakan tempat kegiatan saksi tahun ini. Kami sudah dibagi menjadi kelompok-kelompok dan ditentukan daerah untuk nanti acara pensi yang akan dilaksanakan. Setelah melaksanakan apel pemberangkatan, kami semua langsung menaiki tronton sesuai kelas masing-masing dan langsung menuju tempat. Setelah 3 jam lebih menaiki tronton yang berguncang-guncang hingga ada yang merasa mual.  Akhirnya kami sampai di Dodiklatpur. Akan tetapi, perjalanan dari pintu masuk menuju lapangan sangatlah jauh dan jalan yang mendaki, ditambah dengan membawa tas masing-masing yang sangat berat. Namun pemandangan dari Gunung sangat indah. Saya bersyukur dapat melihat pemandangan itu.
saksi 2016            Sesampainya di lapangan, kami diperkenalkan dengan tentara yang menjadi pelatih kami, lalu kami dibagi menjadi per-pleton. Sang pelatih menanyakan pertanyaan, namum kami tidak menjawab dengan semangat dan akhirnya kami disuruh untuk merayap dan berlari-lari, saat itu kami semua kelelahan. Ternyata, tempat kami menginap terletak lebih jauh dari lapangan, sehingga kami terpaksa jalan lagi, ada yang tidak kuat sehingga harus di antar menggunakan kendaraan.
   Saat makan pun kami harus menunggu aba-aba dan harus menghabiskan makanan kami sesuai waktu yang diberikan, cara makan ini disebut dengan makan komando, jika teman sebelah tidak menghabiskan makananya, kita harus membantunya karena kita adalah satu angkatan dan harus solid. Setelah kenyang, kami mendengarkan materi dari Sioux yang berupa pengenalan binatang ular yang harus dilestarikan. Kakak dari Sioux menawarnakan apakah ada yang ingin mencoba digigit ular, ada yang berani dan tanpa ragu-ragu langsung mencobanya. Dan kemudian kami sholat, tetapi masih ada kegiatan lagi, yaitu acara peraga busana, kita dapat melihat busana dari wilayah masing-masing. Malam pun datang, kami makan malam serta sholat dan kemudian mendengarkan materi-materi, salah satunya adalah materi kepemimpinan.
file5967           Pada hari ke 2, kami sholat shubuh dan melakukan pemanasan pagi dan langsung makan. Akan tetapi makan kali ini berbeda karena kami harus menyuapi orang yang duduk di hadapan kita. Hari itu kami melakukan kegiatan out-bond dengan menggunakan baju loreng. Mulai dari melempar pisau, merayap di atas tali dan masih banyak lagi, namun di hari itu, kegiatan yang paling menyenangkan adalah kami dapat bermain di air terjun bersama-sama, ada yang menyipratkan air sehingga yang tadinya hanya ingin merendamkan kakinya saja, menjadi basah kuyup. Ada yang berendam dan lain-lain.
       Pada malamnya, kami melakukan pensi, ada grup yang melakukan stand up comedy, fashion show, battle dance dan banyak lagi, kami juga dapat melihat penampilan dari kakak-kakak osis. Setelah hari yang panjang, kami semua lelah dan pada malamnya kami tidur. Pada hari terakhir, setelah makan pagi dengan cara menyuapi yang berada di hadapan kita lagi dan sholat, kami langsung berkemas untuk pulang. Tas kami sangat berat, tapi kami harus bertahan membawanya menuju lapangan. Saat di lapangan, cuacanya sangatlah panas dan kami harus melakukan apel yang sangat lama dan foto-foto sebelum kembali ke Jakarta. Kami menuju tronton dan kembali ke Jakarta. Kegiatan saksi sangat bermanfaat untuk kami, walaupun ada suka dan duka yang dirasakan, kami dapat berubah dan menjadi lebih akrab sesama.
Pemeriksa : Tiara Salsabila Ciptaningtyas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar