Selasa, 01 November 2016

INVITA 2016

Invita yang merupakan singkatan dari industry visit dan takafur alam adalah kegiatan yang dilakukan setiap tahun oleh siswa siswi kelas 8 SMP Labschool Jakarta. INVITA tahun ini dilaksanakan di jogja dari tanggal 19 oktober – 23 oktober 2016. Kegiatan dimulai dengan berkumpul di stasiun Gambir pada pukul 5 30 sore sebelum berangkat dengan kereta.

Kereta yang kita naiki akan jalan pada pukul 8 malam, oleh karena itu, sebelum berangkat kami sholat terlebih dahulu dan diberi pengarahan. Tidak terasa, pukul 8 sudah hamper dekat, kami semua langsung menuju kereta. Perjalanan kita cukup lama, kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam. Kita sampai di jogja pada pukul 3 30 pagi.

Setiba di jogja, kami diarahkan untuk menuju bis dan langsung menuju tempat makan pagi. Disana, kita bersih-bersih, sholat dan berganti baju menjadi baju seragam batik sekolah sebelum makan pagi. Setelah merasa kenyang, kami melanjutkan perjalanan ke Sabila Farm.

Di sabila farm, kita diberi pengetahuan mengenai cara mengolah buah naga, jenis – jenis buah naga dan buah-buahan lainnya. Tak lupa kami juga melihat kebun buah naga yang berhektar – hektar bersama pengarah dari sabila farm. Tak lupa, kami mengerjakan tugas yang diberikan, yaitu membuat laporan berupa video selama perjalanan kami di Jogja.

Tanpa lama, kami langsung pergi menuju Sritex. Perjalanan ke Sritex cukup jauh, karena kita dari jogja menuju Solo. Semua tertidur di bis karena tadi malam hanya tidur sebentar karena bermain maupun bercanda. PT Sritex sangat besar, dan memiliki ribuan pekerja. Kami melihat koleksi hasil baju dan tekstil yang dihasilkan oleh Sritex. Kami juga mendengarkan sejarah Sritex dan pendiri Sritex, yaitu bapak Lukminto. Tanpa lupa, kami mengunjungi toko da nada yang membeli kerajinan Sritex untuk oleh oleh maupun dirinya sendiri.

Pada malam hari, kami mengunjungi tempat oleh-oleh kaos jogja. Disana terdapat banyak jenis kaos yang unik dan menarik, harganya pun tidak terlalu mahal. Banyak yang membeli kaos untuk keluarga sebagai oleh-oleh. Setelah itu, kami menuju hotel Cavinton untuk istirahat.

invita-8eHari selanjutnya, kami mengunjungi keraton jogja. Pada hari itu kami mengenakan kaos kelas dan celana bebas. Kami mengambil foto per kelas sebelum memasuki keraton. Sambil mendengar penjelasan, kami berkeliling melihat keindahan keraton yang sangat luas. Banyak yang berfoto-foto dan juga merekam untuk tugas.

Kami  mengunjungi tempat batik. Disana kami diberi kesempatan untuk mencoba membatik. Tentunya kami diberi contoh oleh pengarah disana sebelum mencoba. Kami juga dapat melihat proses pewarnaan batik. Batik karya kita semua di beri warna dan dikeringkan.

Selanjutnya kami bermain di pantai. Disana terdapat sewa ATV yang menarik kita, sehingga banyak yang menaiki ATV, dengan harga 50 rb, kita dapat merasakan mengendarai ATV. Selain ATV, terdapat juga kuda, ada beberapa yang menaiki kuda juga. Malamnya, kami mengunjungi malioboro untuk berbelanja dan melihat-lihat.

Pada hari terakhir, kami bangun lebih awal, agar dapat menaiki Jeep untuk lava tour. Walaupun berguncang-guncang, pengalam itu tidak dapat dilupakan dan seru. Kita berhenti untuk melihat peninggalan rumah yang terkena lahar, disana terdapat benda-benda yang terkena lahar api. Selanjutnya kami melanjukan perjalanan lagi dengan Jeep, kami menuju batu alien, yang merupakan batu yang menyerupai wajah manusia. Pemandangan disana sangat indah, kami dapat melihat penampakan gunung dari situ. Dan terakhir, kami mengunjungi Bunker, kami dapat melihat memasukinya dan melihat isi Bunkernya.

Dan destinasi terakhir, tanpa lupa kami pergi melihat candi Borobudur. Kami semua mengambil foto per kelas dan langsung menaiki candi. Kami melihat-lihat sambil mendengarkan informasi mengenai candi. Tak terasa, kami sudah sampai di puncak candi. Kami semua balik dan turun dari candi setelah mendengar pengumuman. Tanpa lupa, kami membeli bakpia yang merupakan oleh oleh khas jogja.

Pada malamnya, kami menuju stasiun tugu dan menaiki kereta pada pukul 8 malam untuk menju balik ke Jakarta. Kami tiba di Jakarta pada hari minggu 23 oktober pada pukul 4 pagi.